Stase Baru

Hari ini, senin, 9 januari 2012.

Saya memasuki stase ke-lima saya setelah mata neuro interna tht, dan sekarang radiologi. Hari pertama diisi dengan orientasi ruangan. Di bagian departemen radiologi RSUD Subang, terdapat banyak ruangan. Dari luar terlihat kecil, eh ternyata setelah masuk ke dalam,banyak sekali ruangan-ruangannya yang dipisah sekat dengan tembok. Dua ruangan untuk pengambilan foto, satu kamar gelap untuk menyuci foto, satu ruang untuk menyuci foto (kamar ini tidak gelap), satu ruang dokter, satu ruang administrasi, satu ruang tunggu dan satu ruang penyimpanan alat-alat yang sudah tidak digunakan. Dan antara satu ruangan ke ruangan lain pun terdapat lorong sempit.

Radiologi. Ya, ini ilmu tentang pembacaan foto. Bukan sembarang foto. Foto yang kita sebut foto rontgen ini hanya mempunyai 3 warna, hitam-putih-abuabu, sehingga untuk menginterpretasikan hasilnya kita butuh keahlian untuk mengimajinasikan anatomi tubuh manusia menjadi hitam-putih-abuabu. Selain itu, berdasarkan posisi saat diambilnya foto pun, turut mempengaruhi pembacaan foto. Ada kalanya kelainan itu terlihat dengan posisi lateral, bukan hanya dengan posisi Anteroposterior atau Posteroanterior saja. Sehingga keahlian daya ruang yang kita miliki pun terasah di bidang ini. Menarik bukan?

Lalu, setelah selesai pengenalan ruangan, kami diajari tentang posisi-posisi yang digunakan untuk pengambilan foto, juga dengan simulasi yang dilakukan oleh petugasnya. Diantaranya, posisi AP, PA, Lateral, Oblique, Left Lateral Dekubitus, Waters, dll. Dan semuanya diakhiri dengan kedatangan konsulen kami. Kami berkenalan terlebih dahulu satu per satu dengannya, lalu selanjutnya memberikan surat jalan dan menulis di buku absensi. Setelah itu, kami berdiri di samping dan belakang dokternya, ikut menyimak apa yang dilakukan dokternya sambil diajari membaca foto dan menulis interpretasi hasil pembacaan foto. Ya,foto hitam-putih-abuabu yang terlihat di depan mata kami harus mulai kami baca semampu kami. Mulai dari foto thorax, foto polos abdomen 3 posisi, foto dengan posisi waters, foto dental, foto kepala, foto femur, dll.

Yah inilah hari pertamaku di stase radio. Menarik menurutku. Ada beberapa catatan kecil yang harus aku pelajari lebih lanjut. Semoga untuk tiga minggu ke depan, aku sudah mampu memahami stase ini dan mendapatkan nilai dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s