pengamen itu, istimewa

Dia adalah seorang anak kecil. Aku memprediksi usianya sesuai dengan anak kelas 2/3 SD dengan tinggi badan yg terlihat.

Saat itu, aku sedang duduk di kursi sebuah bis yang melaju ke jurusan pasar rebo. Setelah adzan ashar bergema, sayup-sayup ku dengar ada seseorang yang sedang mengaji. Ku pikir ada seorang penumpang yang menyalakan mp3 murrottal tanpa menggunakan headset,hingga orang-orang mampu mendengarnya dengan jelas. Lama-lama ku dengar dengan cermat, suara itu seperti bukan dari sebuah murrottal. Suara seorang anak kecil yang sedang membacakan salah satu surat di juz 30. Tanpa malu dia membacakannya di dalam bis itu. Beberapa penumpang menengok-nengok, mencari sumber asal suara. Dan beberapa diantaranya kaget karena mendapati suara itu ternyata milik seorang anak kecil.

Dalam hati ku berkata, “lumayan juga,buat murajaah hafalan suratku sambil mengikuti surat yang terus-menerus dibacakan anak itu”. Ya, surat yang dibacakan anak itu, Al-Bayinah. Sekitar 5 kali anak itu membacakan surat Al-Bayyinah berulang-ulang. Lalu ketika hampir mendekati pasar rebo, dia mengakhiri hafalannya dan menuju ke bangku kursi depan sambil menengadahkan tangannya seraya meminta kepedulian para penumpang. Sambil malu-malu di berjalan ke setiap kursi penumpang, berharap ada rizki untuknya di bis itu. Banyak penumpang yang memberinya beberapa rupiah, banyak juga yang malah mengacuhkannya.

Anak kecil itu luar biasa. Istimewa buatku. Karena di usia sekecil itu, anak-anak yang biasanya mengamen di bis menyanyikan lagu masa kini, namun ia tampil beda dengan berani. Bukan sembarangan yang dibacakannya, melainkan ayat-ayatNya. Subhanallah.

“Dan Al Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat” QS.Al Qalam:52

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s